Skip to main content

8 Golongan Yang Berhak Menerima Zakat

Mustahik Zakat - lazismubondowoso.org
Zakat merupakan ibadah yang sifatnya sosial. Ibadah Zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat islam yang tujuannya untuk menyucikan diri melalui harta yang diperoleh. 

Adapun golongan yang berhak menerima zakat berdasarkan surah At-Taubah : 60 adalah sebagai berikut :

1. Fakir

Fakir yakni golongan yang memiliki kekurangan serta membutuhkan. Fakir dalam hal zakat merupakan mereka yang tidak memiliki barang berharga atau tidak memiliki kekayaan dan usaha apapun sehingga memerlukan pertolongan untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Miskin

Sedangkan miskin, ialah mereka yang memiliki barang berharga atau pekerjaan tertentu yang dapat mencukupi sebagian dari kebutuhannya. Kondisi golongan miskin masih dapat dikatakan lebih baik dari golongan fakir, dikarenakan mereka memiliki pekerjaan atau barang berharga.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari mereka masih kekurangan. Sehingga dengan dibantu zakat dapat memenuhi kebutuhan pokok agar tetap dapat bertahan hidup.

3. Amil

Golongan ketiga setelah fakir dan miskin yang berhak menerima zakat adalah amil. Amil adalah mereka yang menyelenggarakan segala macam perihal zakat, mulai dari mengumpulkan zakat sampai pada pembagian kepada  mustahiq zakat.

Amil zakat juga memiliki tugas untuk melakukan perhitungan, perencanaan, penyusunan masukdan keluarnya zakat serta menjaga harta zakat. 

4. Muallaf

Merupakan golongan selanjutnya yang berhak menerima zakat. Muallaf disini merupakan mereka yang berkehendak (dilunakkan hatinya) agar dapat beriman dan berislam dikemudian hari, serta mereka yan telah beriman yang masih lemah imannya, pemuka-pemuka yang memiliki kerabat dan diharapkan bertambah keimananya.

Selain itu muallafm juga dapat di artikan kepada umat islam yang berada di perbatasan serta mereka yang diperlukan untuk menarik zakat.

5. Budak

Merupakan golongan yang dimaksudkan berada dalam kondisi terbelenggu atau tidak bebas. Pada zaman dahulu masih terjadi jual beli budak. Namun untuk saat ini sudah tidak relevan lagi dikarenakan perbudakan sudah dihapuskan diseluruh bangsa.

6. Gharim

Gharim merupakan golongan yang dikategorikan kesulitan dalam membayar hutang. Gharim merupakan orang yang tidak sanggup lagi membayar hutang karena telah jatuh fakir. Adapun gharim yang dapat dibantu oleh zakat harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

7. Sabilillah (Dijalan Allah)

Merupakan golongan yang berada di jalan Allah. Lebih spesifik adalah mereka yang berjuang untuk menegakkan, mensyiarkan, serta melakukan usaha-usaha untuk mencapai keridhaan Allah. Upaya-upaya tersebut memiliki tujuan untuk kebaikan yang pada akhirnya untuk kemaslahatan bersama.

8. Ibnu Sabil

Merupakan golongan orang yang kehabisan bekal dalam perjalanannya ataupun mereka yang ingin melakukan perjalanan namun tidak memiliki bekal dengan tujuan kebaikan. Zakat dapat diberikan kepada kedua golongan tersebut untuk memenuhi kebutuhannya selama perjalanan namun tidak untuk hal yang maksiyat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar